Mendiknas: Bangun Budaya Berprestasi!

Puncak peringatan Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) digelar oleh Kementerian Pendidikan Nasional (Kemdiknas) serta Kementrian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) di Hall D, Pekan Raya Jakarta (PRJ), Jumat (20/5/2011). Sinergi dari dua Kementerian ini sebagai penerjemah instruksi Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas.

Dengan tema “Pendidikan Karakter Sebagai Pilar Kebangkitan Bangsa, Raih Prestasi Junjung Budi Pekerti”, peringatan Hardiknas diharapkan tidak hanya sebagai acara seremonial belaka, tetapi harus diwujudkan dalam kegiatan nyata.

“Pendidikan karakter tidak hanya bertujuan untuk membangun karakter berbasis kemuliaan diri semata, tetapi secara bersamaan juga bertujuan membangun karakter kemuliaan sebagai bangsa,” kata Mendiknas, Mohammad Nuh, Jumat (20/5/2011) malam, di Jakarta.

Berkaitan dengan tema tersebut, lanjut Nuh, ada tiga landasan yang ingin dibangun melalui pendidikan, yaitu menumbuhkan kesadaran sebagai makhluk Tuhan, membangun dan menumbuhkan wawasan keilmuan, serta menumbuhkan karakter kecintaan tanah air sepenuhnya. Nuh memaparkan, menumbuhkan kesadaran bahwa semua adalah mahkluk Tuhan bertujuan agar tidak ada sifat sombong karena sama-sama makhluk ciptaan-Nya.

Sementara itu, membangun dan menumbuhkan keilmuan, karena di sinilah akan muncul kreativitas dan motivasi, sebagai mesin kesejahteraan yang juga mencerdaskan kehidupan bangsa, serta menumbuhkan karakter kecintaan tanah air sepenuhnya dengan membangun kebanggaan sebagai bangsa indonesia.

“Cara paling tepat untuk membangun kebanggaan terhadap bangsa Indonesia adalah dengan membangun tradisi budaya berprestasi. Di sinilah pentingnya membangun karakter berprestasi, tanpa prestasi kita bisa terjebak dalam kebahagiaan yang semu,” ujar Nuh.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s