PENILAIAN KINERJA KEPALA MADRASAH

BAB I
PENDAHULUAN
A.     Latar Belakang
Penilaian kinerja baik kinerja guru, kepala sekolah, dan staf (tenaga ad-ministrasi sekolah) merupakan salah satu kompetensi yang harus dikuasai pe-ngawas sekolah/madrasah. Kompetensi tersebut termasuk dalam dimensi kompetensi evaluasi pendidikan. Kinerja kepala sekolah dapat diukur dari ti-ga aspek yaitu (a): perilaku dalam melaksanakan tugas yakni perilaku kepala sekolah pada saat melaksanakan fungsi-fungsi manajerial, (b) cara melaksa-nakan tugas dalam mencapai hasil kerja yang tercermin dalam komitmen diri-nya sebagai refleksi dari kompetensi kepribadian dan kompetensi sosial yang dimilikinya, dan (c) dari hasil pekerjaannya yang tercermin dalam perubahan kinerja sekolah yang dipimpinnya.
Seorang pengawas yang melakukan penilaian kinerja paling tidak harus memiliki empat komponen  kompetensi atau kemampuan, yaitu: (1) memaha-mi  substansi (variabel-variabel) kinerja yang hendak dinilai, (2) memiliki standar dan/atau menyusun instrumen penilaian, (3) melakukan pengumpulan  dan analisis data, dan (4) membuat judgement atau kesimpulan akhir. Materi diklat ini dirancang untuk membekali pengawas dalam memenuhi berbagai kompetensi tersebut.
B.  Dimensi Kompetensi
Dimensi kompetensi yang diharapkan dibentuk pada akhir Diklat ini adalah dimensi Kompetensi Supervisi Akademik.
C.     Kompetensi yang Hendak Dicapai
Setelah mengikuti pelatihan ini pengawas diharapkan dapat menilai ki-nerja kepala sekolah, guru dan staf dalam melaksanakan tugas dan tanggung jawabnya untuk meningkatkan mutu pendidikan dan pembelajaran/bimbing-an.
D.     Indikator Pencapaian Kompetensi
        Indikator pencapaian kompetensi melalui diklat ini adalah apabila pe-ngawas dapat:
1.       Memahami konsep dasar penilaian kinerja.
2.       Memahami tugas pokok kepala sekolah.
3.       Menentukan tujuan, aspek-aspek penilaian kinerja kepala sekolah.
4.       Menyusun instrumen dan melaksanakan penilaian kinerja kepala sekolah
5.       Melakukan analisis data hasil penilaian.
6.       Menyusun laporan dan merumuskan tindak lanjut hasil penilaian.   
E.      Alokasi Waktu
No.
Materi Diklat
Alokasi
1.
 Konsep dasar penilaian kinerja
1  jam
2.
 Tugas pokok dan kompetensi  kepala sekolah dan
2 jam
3.
Aspek-aspek dan instrumen penilaian kinerja kepala sekolah
2 jam
4.
 Pelaksanaan penilaian dan analisis data hasil penilaian kinerja kepala sekolah
2 jam
5.
Penyusunan laporan dan tindak lanjut hasil penilaian   
1 jam
F.   Skenario
1.       Perkenalan
2.       Pejelasan tentang dimensi kompetensi, indikator, alokasi waktu dan ske-nario pendidikan dan pelatihan  penilaian kinerja kepala sekolah.
3.       Pre-test
4.       Eksplorasi pemahaman peserta berkenaan dengan penilaian kinerja kepala sekolah melalui pendekatan andragogi.
5.       Penyampaian Materi Diklat:
a.       Menggunakan pendekatan andragogi, yaitu lebih mengutamakan pe-ngungkapan kembali pengalaman peserta pelatihan, menganalisis, me-nyimpulkan, dan mengeneralisasi dalam suasana diklat yang aktif, ino-vatif, kreatif, efektif, menyenangkan, dan bermakna. Peranan pelatih lebih sebagai fasilitator.
b.      Diskusi tentang indikator keberhasilan pelatihan  penilaian kinerja ke-pala sekolah.
c.       Praktik menyusun instrumen penilaian kinerja kepala sekolah dan me-lakukan analisis data.
6.    Post test.
7.    Refleksi bersama antara peserta dengan pelatih mengenai jalannya pelatih-an.
8.   Penutup

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s