Flash Back Masa Lalu

Maksudnya? Sebagian besar dari Anda yang berdiskusi dengan saya saat ini, adalah orang-orang yang lahir sebelum tahun 1975. Bila Anda lahir sesudah tahun tersebut, silakan mengikuti diskusi ini, walaupun mungkin tidak terlalu nyambung.
Bagi Anda yang memiliki kondisi seperti yang saya sebutkan tadi, coba Anda ingat-ingat perangkat komputer yang muncul di akhir 1980-an. Saat itu XT (extended technology) kemudian muncullah AT (advanced technology) dengan kode 286. Kemudian naik menjadi 386, disusul 486 dan kemudian menjadi Pentium.
Lho, jadi ini sedang ingin diskusi tentang komputer? Tidak juga, karena itu sekedar pengantar. Lihatlah bahwa dari kecepatan yang kurang dari 1 Mbps sekarang komputer menjadi dua ribu kali lipat lebih cepat.
Sangat cepat! Dalam jarak waktu kurang dari 20 tahun, terjadi perkembangan yang begitu cepat! Bahkan terjadi lebih dari 15 perubahan, bila dihitung hingga perkembangan gadget seperti iPod, handphone dan TV Plasma. Sementara, pernahkah Anda mengetahui. Sementara kita yang lahir sebelum tahun 1975 diajarkan hal-hal yang didapat dari kisah-kisah yang didapat dari Hans Christian Andersen serta kawan-kawannya, yang bahkan meninggal pada tahun 1875 atau 100 tahun sebelum kita semua lahir. Ajaran yang tidak berubah. Ajaran yang kita pegang tidak berubah, sementara kondisi yang kita hadapi sudah berubah sangat cepat bahkan hampir 1 perubahan setiap tahun.
Bayangkan, bagaimana mungkin mobil tua ikut dalam balapan formula satu. Atau bisa juga diandaikan bahwa Anda mencoba memainkan Ragnarok dengan software dan operating system 20 tahun yang lalu. Bisa juga Anda bayangkan menjalankan aplikasi desain rumah seperti 3D-Home padahal komputer Anda menggunakan DOS.
Ya, tidak mungkin jalan! Jadi, apakah orangtua saya salah karena mengajarkan ajaran zaman Hans Christian Andersen? Tidak juga. Ketika mereka mendapatkan ajaran itu hingga mereka sudah cukup tua dan tinggal menikmati hidup, kondisi hidup dan teknologi serta perkembangan bisnis tidak berubah. Sehingga masih dapat dipakai dan dapat dipahami mengapa kura-kura bisa menang balapan dengan kelinci.Sekarang, tidak mungkin menang balapan apapun bila kita tidak bisa melaju dengan sangat cepat. Tetapi ada sedemikian banyak hal yang harus dipelajari untuk dapat melaju dengan cepat.
Tidak ada kata terlambat sebenarnya untuk maju. Tidak ada alasan soal dana untuk belajar, karena banyak sumber informasi yang masih sangat murah bahkan hampir gratis. Sehingga tidak ada kata untuk menyerah. Toh, sudah jelas-jelas tidak mungkin untuk balapan dengan mobil lama. Maka, pilihan Anda hanya dua dan saya tidak ingin menyatakan yang pilihan satunya.
Pilihan Anda tinggal mengganti segera apa yang Anda yakini, apa yang Anda percaya sehingga Anda tidak lagi memerlukan DOS, karena langsung sudah masuk ke aplikasi dan bisa langsung mengikuti balapan. Jadi, masih belum ingin mem “buka kacamata kuda” Anda?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s