NARKOBA DALAM PARADIGMA ISLAM

Secara tekstual Islam tidak menyatakan bahwa narkoba itu hukumnya haram, akan tetapi melihat dampak penyalahgunaan dari narkoba itu sangat membahayakan, lebih banyak madharatnya dari pada manfaatnya, maka Islam memutuskan bahwa narkoba itu hukumnya haram.

يسالونك عن الخمروالميسرقل فيهمااثم كبيرومنافع للناس واعهمااكبرمن نفعهما
 
Mereka bertanya kepadamu tentang khamr dan judi. Katakanlah: pada keduanya itu terdapat dosa besar dan beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya.(QS. Al-Baqarah: 219).


Dari ayat di atas jelas bahwa khamr itu memabukkan dan hukumnya haram sedangkan narkoba lebih bahaya dari khamr dan hukumnya lebih haram dari khamr. Narkoba tidak hanya membuat orang menjadi mabuk tetapi dapat membuat orang yang menyalahgunakan menjadi mati. Melihat bahanya narkoba melebihi khamr, maka narkoba hukumnya adalah haram.
كل مسكرخمروكل مسكرحرام
Setiap zat yang memabukkan itu kmar dan setiap zat yang memabukkan itu haram.(HR. Abdullah Ibnu Umar)

Narkoba tidak hanya sekedar membuat mabuk, tetapi narkoba membuat syarafnya error bagi yang menyalahgunakan. Oleh karena itu narkoba harus dijauhi dengan sejauh-jauhnya. Melihat bahaya narkoba yang sangat besar, maka Allah SWT memerintahkan agar sesuatu yang dapat membahayakan seperti minuman keras, narkoba dan lain-lainnya itu supaya dijauhi. Sebagaimana firman Allah :

يا أيها الذين آمنوا إنما الخمر والميسر والأنصاب والأزلام رجس من عمل الشيطان فاجتنبوه لعلكم تفلحون
 

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan setan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan (QS. Al-maidah: 90).

Khamr dan judi adalah haram


يسألونك عن الخمر والميسر قل فيهما إثم كبير ومنافع للناس وإثمهما أكبر من نفعهما
 
Mereka bertanya kepadamu tentanng khamr dan judi. Katakanlah: pada keduuanya itu terdapat dosa besar dann beberapa manfaat bagi manusia, tetapi dosa keduanya lebih besar dari manfaatnya”.(QS. Al-Baqarah:219)

Laknat terhadap Khamr


اتانيي جبريل فقال : يامحمد ان الله لعن الخمر وعاصيرها ومعتصرها وشاربها والمحمول اليه وبائعها ومبتاعها وساقيها
 
Malaikat Jibril datang kepadaku lalu berkata : “ hai Muhammad, Allah melaknat minuman keras, yang memerasnya, yang meminumnya, orang yang menerima penyimpanannya, orang yang menjualnya, orang yang membelina, orang yang menyuguhkannya dan orang-orang yang mau disuguhi”. (Riwayat Ahmad bin Hambal ibnu Abbas)

Hadits ini analaog kepada khamr, oleh karena itu narkoba mempunyai sifat merusak melebihi khamr, sehingga pengguna (ganja, putaw, ekstasi, kokain dan sejenisnya) yang meracik, penanam, pemproses, penyimpan, penjual, pembeli bahkan yang menyuguhkan serta orang-orang yang mau disuguhi, semua dilaknat Allah, mendapat murka Allah dan dosa.

Sabda Nabi Muhammad SAW. Tentang khamr.


كل مسكرخمروكل مسكرحرام
 
Tiap zat/bahan yang memabukkan adalah khamr (alkohal, narkoba dan sejenisnya) dan tiap zat?bahan yang memabukkan adalah haram”. (Riwayat Abdullah ibnu Umar).

نهي رسول الله صلي الله عليه وسلم عن كل مسكرومفتر
 
Rasullullah SAW melarang setiap zat? Bahan yang memabukkan dan melemahkan”. (Riwayat Umi Salamah)

Merujuk kepada ayat dan hadits di atas, Islam memandang narkoba adalah haram hukumnya, memang ada manfaatnya tetapi ada juga mudharatnya, namun kerugiannya dan mudharatnya lebih besar dari manfaatnya.

Mengatasi Narkoba

1.Lebih baik mencegah dari pada mengobati. Prinsip diatas sesuai dengan kaidah ayat berikut ini:


يا أيها الذين آمنوا قوا أنفسكم وأهليكم نارا
 
Wahai orang yang beriman, peliharalah dirimu dan keluargamu dari siksa api neraka”. (QS. At Tahriim: 6)

2.Bagi yang sudah terkena? Kecanduan, dan ingin berobat? Mengharap pertolongan Allah, maka segeralah melakukan upaya sebagaimana anjuran yang disiratkan dalam ayat berikut ini:


وإذا مرضت فهو يشفين
 
” Dan apabila aku sakit, Dia-lah yang menyembuhkan”. (QS. Asy Syu’araa: 80)

3.Kepada yang akan bertaubat dan kembali pada kebaikan

Dari sudut agama Islam taubat adalah :


وفي الشرع الرجوع عماكان مذموما في الشرع الي ماهومحمود
 
Taubat menurut hukum Islam, berarti meninggalkan dari segala sesuatu yang tercela dan melaksanakan segala sesuatu yang terpuji sesuai pandangan agama”.

Dengan demikian bagi pengguna Narkoba, taubat artinya berhenti, tidak menggunakan atau memakai, menyalahgunakan dan meninggalkan segala sesuatu yang berhubungan dengan Narkoba secara konsisten.

Sebenarnya Allah SWT telah menegaskan keutamaan taubat bagi mahluknya seperti makna ayat-ayat berikut:

ان الله يحب التوابين ويحب المتطهرين

Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan orang-orang yang mensucikan diri (QS. Al-Baqarah:222)

يا أيها الذين آمنوا توبوا إلى الله توبة نصوحا عسى ربكم أن يكفر عنكم سيئاتكم ويدخلكم جنات تجري من تحتها الأنهار
 

Hai orang-orang yang beriman, bertaubatlah kepada Allah dengan taubat yang setulus hati, semoga Tuhan menghapuskan dosa-dosamu dan memasukkanmu kedalam surga yang mengalir dibawahnya sungai-sungai”. (QS. At-Tahriim : Cool

Do’a yang dianjurkan

1.Do’a adalah sumber kekuatan.

Kita yakin dengan kelemahan kita sebagai manusia, perlu bantuan dari yang Maha Kuasa, yaitu Allah SWT.


واستعينوا بالصبر والصلاة
 
Dan mintalah pertolongan kepada Allah dengan sabar dan menegakkan shalat”. (QS. Al-Baqarah:45)

Dalam ayat lain Allah SWT berfirman:


وقال ربكم ادعوني أستجب لكم
 
Dan Tuhanmu berfirman : Berdo’alah kepada-Ku pasti AKU kabulkan”. (QS. Al-Mu’min : 60)

2.Do’a Mohon Hidup di Jalan Yang Benar.


اهدنا الصراط المستقيم
 
“Tunjukilah kami jalan yang lurus”. (QS. Al-Fatihah : 6)

3.Do’a Mohon Dijauhkan Dari Bisikan Syaitan.


وقل رب أعوذ بك من همزات الشياطين. وأعوذ بك رب أن يحضرون
 
Dan katakanlah: “Ya Tuhanku aku berlindung kepada Engkau dari bisikan-bisikan setan. Dan aku berlindung (pula) kepada Engkau ya Tuhanku, dari kedatangan mereka kepadaku.”( QS. Al-Mukminun: 97-98)

4. Do’a mohon dijauhkan dari kerusakan masyarakat


رب نجني وأهلي مما يعملون
 
(Lut berdoa): “Ya Tuhanku selamatkanlah aku beserta keluargaku dari (akibat) perbuatan yang mereka kerjakan’.( QS. Asy-Syu’ara: 169).

Do’a ini dapat dibaca apabila kita tinggal dilingkungan masyarakat yang banyak menggunakan narkoba, pengedar, bandar narkoba atau lingkungan yang banyak dijadikan perbuatan mesum lainnya.

3.Do’a mohon diselamatkan dari pengaruh lingkungan yang rusak.

قال رب انصرني على القوم المفسدين

Lut berdoa: “Ya Tuhanku, tolonglah aku (dengan menimpakan azab) atas kaum yang berbuat kerusakan itu”.(QS. Al-Ankabut:30)

Doa ini sebaiknya kita baca agar kita dapat terhindar dari lingkungan yang rusak, sepert lokalisasi pelacuran dst.

4.Do’a mohon disembuhkan dari sakit

بسم الله الرحمن الرحيم. أذهب البأس رب الناس اشف انت الشافى لاشافى الا انت اللهم انى اسألك العافية
 

Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Yaa Allah Tuhan pemelihara manusia, hilangkanlah derita, sebuhkanlah penyakit, Engkaulah Dzat Maha Penyembuh tiada kesembuhan kecuali Engkau. Ya Allah aku mohon padamu agar aku sehat. ( HR. Ahmad, Nasa’i dari Muhammad ibn Khatib).

أسأل اللـه العظيم ان يشـفينى شفاء لايغادر سقما
 

Aku mohon kepada Allah Maha Agung agar menyembuhkan aku denga tidak menderita sakit lagi (HR. Bukhari).

5.Do’a dalam proses benyembuhan

الحمد للـه الذي كفان واروانا غير مكـفي ولا مكفور
 

Segala Puji bagi Allah yang telah memberi kepada kita kecukupan dan kepuasan yang tidak terabaikan dan tidak tertolak ( HR. Bukhari dari Abu Umamah).

6.Do’a sesudah sembuh
Jika sudah sembuh dari sakit dimohon memanjatkan doa sebagai berikut.


الحمداللـه رب العالمـين حمدايوافيي نعمـه ويكافيي مزيده

segala puji kepunyaan Allah, Tuhan yang memelihara, mencukupi, mendidik segala alam, pujian yang menyamai nikmat-NYA dan menandingi keutamaan-NYA”. (Hadits Riwayat Bukhari)

7.Do’a Mohon Dijauhkan dari Kesesatan.

Menyalahgunakan Narkoba, mengedarkan apalagi sebagai bandar, adalah jalan yang salah, sesat dan dosa. Harus ditinggalkan dan mohon dijauhkan dari jalan yang sesat, dengan mengucapkan do’a:

ربنا لا تزغ قلوبنا بعد إذ هديتنا وهب لنا من لدنك رحمة إنك أنت الوهاب
 

(Mereka berdoa): “Ya Tuhan kami, janganlah Engkau jadikan hati kami condong kepada kesesatan sesudah Engkau beri petunjuk kepada kami, dan karuniakanlah kepada kami rahmat dari sisi Engkau; karena sesungguhnya Engkau-lah Maha Pemberi (karunia).”(QS. Ali-Imran : Cool

8.Do’a Mohon Diampuni dari Kedzaliman.

Penyalahgunaan Narkoba adalah suatu kedzaliman, kebodohan, mengundang penyakit yang merusak jasmani dan rohani bagi pemakainya. Maka kita harus meninggalkan, menghindari dan tidak mengulangi lagi, dengan berdo’a kepada Allah SWT sebagai berikut :


قَالَ رَبِّ إِنِّي ظَلَمْتُ نَفْسِي فَاغْفِرْ لِي

Musa berdoa: “Ya Tuhanku, sesungguhnya aku telah menganiaya diriku sendiri karena itu ampunilah aku”. (QS. Al-Qashash : 16)

Memperbanyak Dzikir

Penyalahgunaan Narkoba akan merusak physik, mental bahkan moral dan sosial, jiwa yang gelisah dan resah, sehingga pengaruh buruk Narkoba akan menyebabkan hidup tidak tenang. Untuk itu dzikir sangat dibutuhkan untuk memperoleh ketenangan.
Dalam masalah Narkoba, untuk memperoleh kesembuhan selain berobat ke para dokter yang kompeten, juga diperlukan do’a, dzikir dan wirid untuk memohon kepada Allah SWT agar memperoleh kesembuhan yang tentunya disertai tekad dan semangat yang kuat.

Semoga Allah swt senantiasa memberikan pertolongan kepada kita serta memberi petunjuk agar kita dijauhkan dari penyal;ahgunaan Narkoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s