Tips Puasa

Puasa adalah sarana tarbiyah (pembinaan) bagi setiap mukmin. Karena inti dari puasa adalah menahan apa-apa yg dapat membatalkan dan menghilangkan pahala puasa. Oleh karena itu setiap mukmin wajib menjaga dirinya dari perbuatan sia-sia selama bulan puasa.
Tips untuk menjaga kesempurnaan puasa kita:

>Hindari hal-hal yang dapat membatalkan puasa; ada niat untuk berbuka sebelum waktunya buka-Innamal’amallu bi niat (sesungguhnya amal itu tergantung daripada niatnya), berhubungan suami istri, mengeluarkan mani secara sengaja (onani/masturbasi), dan mengeluarkan darah dalam jumlah banyak termasuk haid.

>Sahur tepat pada waktunya, sekitar jam 3 s/d imsak. Karena sahur lebih awal dapat menyebabkan kantuk setelahnya, menunda sahur dapat menyebabkan kebablasan alias gak sahur.

>Perbanyak konsumsi vitamin dan air putih.

>Jangan beraktivitas terlalu berlebihan.

>Disegerakan untuk berbuka dan dahulukan dengan yg manis meskipun hanya dengan permen.

>Jika ada niat untuk mengucapkan kata kotor, bergunjing, atau perbuatan yg dapat merusak pahala puasa, hendaklah segera beristighfar atau berta’awudz.

“Dan jika setan mengganggumu dengan suatu gangguan, maka mohonlah perlindungan kepada Allah. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.” (QS. Fushshilat: 36).

Dalam sebuah hadist sahih dikatakan,“Barangsiapa yang dengan sengaja membatalkan puasa tanpa ada alasan yg kuat atau syar’i (diperbolehkan secara syariah) maka puasanya tidak dapat diganti meskipun seumur hidup.”

Semoga Allah menguatkan iman kita dan menambah ketaqwaan pada diri kita selama bulan Ramadhan 
agar kita dapat kembali fitrah. Amin ya Rabbal’alamin.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s